Pengusaha Sukses di Indonesia

Pengusaha Sukses

Bob Sadino adalah sesosok konglomerat yang sangat inspiratif dan terkenal akan keuletannya dalam memperjuangkan apa yang dia impikan. Sepeninggalnya Bob dari dunia ini di tanggal 19 Januari 2015, karyanya dan kisahnya yang inspiratif akan selalu kita kenang. Usahanya yang dimulai dari nol dan penuh kerja keras membuktikan bahwa kesuksesan bukanlah sesuatu yang mustahil. Pada artikel kali ini, kita akan mengulas tentang biografi pengusaha sukses Bob Sadino.

Bob Sadino,Pengusaha sukses
Dilahirkan di Lampung pada tanggal 9 Maret 1933, Bob Sadino berasal dari keluarga serba berkecukupan dan Bob merupakan anak bungsu dari 5 bersaudara. Di usianya yang ke-19 tahun, ayah Bob meninggal dan Bob mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara Bob yang lainnya telah dianggap mapan.

Limpahan harta warisan yang diterima oleh Bob membuat Bob memilih untuk berkeliling dunia dan dalam perantauannya tersebut, Bob Sadino memilih untuk menetap di Eropa. Berbagai pekerjaan dilakoninya, mulai dari menjadi karyawan di PT Djakarta Lloyd hingga menjadi pegawai perusahaan besar Unilever. Di Eropa, Bob Sadino bertemu dengan belahan jiwanya, yaitu Soelami Soejoed kemudian menikahinya.
Di tahun 1967, Bob kembali ke Indonesia dan hasil kerja kerasnya di Eropa memampukannya untuk membeli 2 mobil Mercedes Benz. Satu mobil dijual dan uangnya digunakan untuk membeli sepetak tanah di Kemang, Jakarta Selatan. Sedangkan mobil satunya digunakannya untuk bekerja, yaitu sebagai supir taksi gelap. Akan tetapi suatu hari, taksi Bob mengalami kecelakaan dan mobilnya rusak parah, sedangkan Bob tidak memiliki uang untuk memperbaikinya. Mau tak mau, dia harus berganti profesi dan Bob menjadi kuli bangunan.
Gajinya saat itu hanyalah Rp 100,00. Gaji tersebut terbilang sangat kecil saat itu, akan tetapi Bob tidak memperbolehkan istrinya yang berpengalaman sebagai sekretaris di perusahaan luar negeri untuk bekerja meskipun istrinya memiliki kesempatan untuk menyelamatkan finansial keluarganya. Bob menganggap mencari nafkah adalah tugas dari seorang kepala keluarga. Tekanan ini sempat membuatnya depresi.
Akil balik Bob adalah pada saat temannya yaitu Sri Mulyono Herlambang menyarankan Bob untuk memelihara 50 ekor ayam ras untuk mengatasi depresi yang dialaminya. Dari situ, Bob mendapatkan motivasi yang kuat, yaitu ayam saja bisa berjuang terus untuk hidup, tentunya manusia juga bisa. Dari situlah Bob terinspirasi untuk berwirausaha.
Usaha ternak ayam yang dilakoninya mampu berkembang dengan pesat hanya dalam tempo 1 setengah tahun. Pelanggannya terutama adalah para orang asing karena lingkungan tempat tinggalnya di Kemang rata-rata dihuni oleh orang asing dan juga Bob serta istrinya juga mahir dalam berbahasa Inggris.
Usahanya tersebut semakin berkembang hingga akhirnya Bob mampu mendirikan supermarket Kem Chicks dan berkembang ke bidang agribisnis, antara lain holtikultura. Bisnisnya adalah mengelola kebun-kebun sayur mayur dengan target market orang asing di Indonesia. Selain itu juga ada Kem Food, yaitu pabrik pengolahan daging di Pulogadung.

Kisah pengusaha sukses di Indonesia Bob Sadino memegang teguh prinsip bahwa setiap kesuksesan pasti berawal dari kegagalan dan untuk menjadi wirausaha memang tidak semudah dan semulus yang dikira. Bob dan istrinya pun harus menghadapi asam garam kehidupan untuk merasakan kesuksesan. Akan tetapi uang bukanlah hal yang paling utama, yang terpenting adalah kemauan, komitmen, serta kemampuan untuk jeli dalam mencari dan menangkap peluang yang ada.
Beliau juga berkata bahwa cara menjadi pengusaha sukses adalah rencana hendaknya tidak harus selalu kaku, akan tetapi leih ke pengembangan dari apa yang telah dilakukan. Akan tetapi umumnya seringkali orang terlalu banyak berpikir dan membuat rencana, sehingga akhirnya tidak segera melangkah, padahal yang terpenting adalah action.
Satu hal lagi, kita harus terus haus akan ilmu dan kita tidak boleh menganggap ilmu kita lebih daripada orang lain. Bob Sadino selalu memperhatikan kritik dan saran dari pelanggan. Dengan cara ini, Bob mampu meraih simpati pelanggan dan mampu memberikan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan akan menciptakan kepuasan bagi diri sendiri. Maka dari itu, kita harus mengutamakan kepuasan pelanggan.
Wah, sungguh inspiratif ya. Memang benar kerja keras, kemauan untuk terus belajar, kemampuan mencari peluang, dan memperhatikan kepuasan pelanggan akan membawa kita ke kesuksesan. Demikianlah Kisah Sukses Pengusaha Sukses Indonesia: Bob Sadino. Semoga bermanfaat.
Sumber: http://businessnthings.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengusaha Sukses di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel