Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEPEG)

SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN

Pengelolaan kepegawaian yang bersifat manajerial maupun teknis administratif selalu berhubungan dengan data, dalam bentuk yang tercetak maupun data elektronik.

Kegiatan administrasi kepegawaian akan berpengaruh pada keadaan data perorangan pegawai maupun keseluruhan. Seringkali perubahan – perubahan yang terjadi tidak segera diketahui para pelaksana administrasi yang lain.

Keberadaan perangkat komputer pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Sekretariat Dinas Perhubungan Kota Cilegon tidak banyak membantu karena data disimpan dan dikelola oleh masing-masing pelaksana dan tidak ada kesatuan plaltform dalam penyimpanannya. Akibatnya dalam hal data pokok sekalipun, bisa perlu waktu lama untuk menemukannya bahkan terjadi kesalahan karena banyak perubahan,edit/update data, bahkan penggandaan data pada file ms.excel.

Sangat penting peranan data kepegawaian dalam rangka melaksanakan pembinaan pegawai negeri sipil sehingga perlu adanya Pembentukan sistem pencatatan Kepegawaian dapat dilaksanankan dengan 2 (dua) cara yaitu:
  • Secara Manual : merupakan pelaksanaan kegiatan pencatatan, penyimpanan dan pengolahan dilaksanakan secara manual , dengan media File/ Tata Naskah perorangan yang disimpan dalam unit almari khusus
  • Secara Elektronik : merupakan pelaksanaan kegiatan perekaman dan penyimpanan dalam Media Komputer/ Database Management System yang dihimpun dan dikelola melalui Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian
Berdasarkan keadaan di atas, untuk dapat meningkatkan efesiansi dan efektivitas pekerjaan Khususnya pada Subag Umum dan Kepegawaian Sekretariat Dinas Perhubungan Kota Cilegon, maka saya berinisiatif untuk membangun suatu program aplikasi komputer yang dinamakan Sistem Informasi Kepegawaian disingkat SIKEPEG.

Program Sistem Aplikasi ini memungkinkan kita menghimpun atau mengolah data tiap Pegawai/ PNS sesuai peraturan dan prosedur yang berjalan, merekam perubahan yang terjadi, serta menyimpannya dalam satu himpunan data yang disebut Database. Dari database tersebut bisa dijadikan sumber data dalam pelaksanaan administrasi kepegawaian maupun output yang dapat dijadikan informasi untuk membantu dalam pembuatan kebijakan kepegawaian.

Lingkup Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian
  1. Sistem informasi dan aplikasi
  2. Sarana komputer dan penunjang
  3. Sarana komunikasi/ inovasi sendiri
  4. Organisasi dan Sumber Daya Manusia/ pelaksana
  5. Pembiayaan/ tidak ada
  6. Dukungan Manajemen/ tidak ada
Tujuan SIKEPEG di Lingkup Dinas Perhubungan Kota Cilegon
  1. Untuk mendukung Sistem Manajemen PNS yang rasional dan pengembangan SDM di Aparatur Pemerintah Khususnya pada Dinas Perhubungan Kota Cilegon.
  2. Mewujudkan data kepegawaian yang mutakhir dan terintegrasi pada subag umum dan kepegawaian.
  3. Menyediakan Informasi PNS yang akurat untuk keperluan perencanaan, pengembangan, kesejahteraan dan pengendalian PNS
  4. Membantu Kelancaran pekerjaan di bidang kepegawaian, terutama dalam pembuatan laporan
  5. Meningkatkan Versi Sistem Aplikasi Tunjangan Keluarga (SKUMPTK) dengan menggabungkan/diintegrasikan dalam satu paket Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEPEG)
  6. Menggantikan Sistem Lama/ Semi Komputer Paket Ms.Office Excel, ke Sistem Komputerisasi Database pada Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEPEG) yang dibuat berdasarkan prosedur kerja, struktruktur organisasi serta disesuaikan dengan alur data/format data yang telah ditetapkan.
Manfaat SIKEPEG
  1. Pelacakan informasi data seseorang pegawai akan mudah dan cepat.
  2. Pembuatan Laporan dapat mudah dikerjakan.
  3. Mengetahui Pegawai yang akan naik pangkat dan yang akan mendapat kenaikan gaji berkala secara otomatis
  4. Memudahkan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan kepegawaian
  5. Mendapatkan informasi tentang keadaan pegawai (Profil Kepegawaian) yang cepat dan akurat
  6. Dapat merencanakan penyebaran (mutasi) pegawai sesuai pendidikan dan kompetensinya
  7. Merencanakan Kebutuhan Pegawai (Neraca Kebutuhan Pegawai)
User Interface/ Antarmuka Pengguna

Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEPEG)

Sistem Informasi Kepegawaian, Dishub Cilegon

Tampilan user interface/ antarmuka pengguna SIKEPEG (Sistem Informasi Kepegawaian) untuk masukan (input) data dari pegawai PNS/ Non PNS dan Pengguna lainnya, serta antarmuka untuk keluaran (output) adalah sebagai berikut :

Tampilan loading sistem
Loading sistem,Dishub Cilegon

Tampilan Login untuk masuk sistem hak akses menu utama
Login masuk sistem

Tampilan Menu Utama Sistem
Menu utama sistem,Dishub Cilegon




Tampilan Input data pegawai
Input data Pegawai,dishub Cilegon

Input data pegawai,Dishub Cilegon
Pilih Data Pegawai,Dishub Cilegon

Tampilan data mutasi pegawai
Mutasi Pegawai,Dishub Cilegon

Tampilan proses untuk tunjangan keluarga PNS/CPNS

  • Untuk proses tunjangan keluarga data diambil dari daftar riwayat keluarga, berikut ini tampilan input data riwayat keluarga,yaitu untuk input data istri/suami dan anak-anak
    sistem tunjangan keluarga, dishub cilegon

Tampilan form input data istri/suami dan anak-anak
sistem tunjangan anak, dishub cilegon

Keterangan :

  • Untuk input data istri form sebelah kiri terdapat dua button [baru/ubah] dan [hapus] klik button tersebut bila belum diinput maka button [Baru] dan bila sudah menjadi button [ubah], button [hapus] untuk menghapus data
  • Untuk input data anak form sebelah kanan terdapat tiga button [baru],[ubah] dan [hapus]

Kemudian untuk hasil proses input data tunjangan secara otomatis akan ditampilkan pada form proses tunjangan keluarga, terdapat fasilitas pencarian data dan output data/pelaporan sesuai peraturan yang berlaku,berikut ini tampilan form tersebut
Proses tunjangan istri/suami dan anak,dishub cilegon
Print tujangan instri/anak dan suami,dishub cilegon

Tampilan output data/ tunjangan keluarga
preview tunjangan istri/suami dan anak, dishub cilegon

Tampilan Proses Penjagaan Kenaikan Gaji Berkala (KGB)
penjagaan kenaikan gaji otomatis,dishub cilegon

Tampilan Proses Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3)
Proses DP3 Sistem, dishub cilegon
Preview laporan DP3, dishub cilegon

Tampilan Data Pegawai

Data pegawai/ nominatif pegawai dan daftar urut kepangkatan terdapat empat fasilitas yang digunakan untuk pencarian data dan pelaporan data, yaitu form [Pejabat dan Staff] pencarian/pelaporan data nominatif dan daftar urut kepangkatan, form [Fungsional PKB] untuk data pegawai fungsional pengujian, form [CPNS] untuk data CPNS dan form [Honorer] untuk pegawai honorer (TKK,THL,TKS), berikut tampilan form tersebut,
data pegawai,dishub cilegon

Berikut ini tampilan output/pelaporan, nominatif pegawai dan daftar urut kepangkatan
preview nominatif pegawai, dishub cilegon

Tampilan Rekap Data Pegwai dan Grafik
Grafik data pegawai, dishub cilegon




About me Programmer Development Software System Information Technology
Programmer, Dishub Kota Cilegon

Tampilan user interface tersebut hanya beberapa contoh saja atau belum mencakup semua fungsi yang terdapat pada Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEPEG), dan sistem tersebut dibuat untuk mampu menangani administrasi kepegawaian kususnya pengelalaan data kepegawaian.

Pengolahan data kepegawaian yang diolah/dibuat dengan cara semi komputer/ paket ms.office excel mengalami banyak kendala bahkan kesalahan data, maka untuk mengatasi masalah tersebut serta untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi pekerjaan saya berinisiatif untuk membuat sistem komputerisasi yang dikemas dalam Database Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEPEG) pada Subag Umum dan Kepegawaian Sekretariat Dinas Perhubungan Kota Cilegon

Next Post

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEPEG)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel