Memilih Lokasi Usaha yang Strategis
October 06, 2016
 Add Comment 
Dalam strategi pemasaran,  adanya pemilihan lokasi usaha yang strategis menjadi salah satu faktor  yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari sebuah usaha. Semakin  strategis lokasi usaha  yang dipilih, semakin tinggi pula tingkat penjualan dan berpengaruh  terhadap kesuksesan sebuah usaha. Begitu juga sebaliknya, jika lokasi  usaha yang dipilih tidak strategis maka penjualan pun juga tidak akan  terlalu bagus.
Berikut beberapa faktor yang sebaiknya Anda perhatikan, sebagai bahan pertimbangan strategi memilih lokasi usaha.
1. Tingkat kepadatan penduduk sekitar lokasi
Usahakan memilih lokasi usaha yang memiliki kepadatan penduduk cukup  tinggi. Semakin tinggi kepadatan penduduk di suatu lokasi, maka semakin  besar pula potensi pasar sebuah  usaha. Coba saja bandingkan pendapatan usaha yang lokasinya di daerah  pedesaan dengan usaha yang berada di daerah perkotaan, omset yang  diperoleh akan sangat jauh berbeda.
2. Besar pendapatan masyarakat sekitar lokasi
Besar pendapatan masyarakat yang ada di sekitar lokasi juga mampu  mempengaruhi usaha yang akan Anda bangun. Sebab, tingkat pendapatan  masyarakat juga akan berpengaruh terhadap daya beli konsumen. Jika Anda ingin menjalankan usaha dengan produk yang harganya  sedikit tinggi, sebaiknya pilih lokasi yang daya belinya cukup tinggi  (misalnya di kota – kota besar). Sedangkan bila ingin menawarkan produk  dengan harga yang relative murah, tidak akan jadi masalah jika Anda  memilih lokasi usaha yang daya beli masyaratnya kurang untuk. Karena  konsumen di daerah tersebut lebih mementingkan harga murah, dibandingkan  memperhatikan kualitas produk yang dijual.
3. Memperhatikan tingkat keramaian lalu lang kendaraan yang lewat
Perhatikan trafik lalu lalang kendaraan atau pejalan kaki yang lewat,  karena hal ini juga mempengaruhi jenis usaha yang cocok di daeah  tersebut. Untuk daerah yang dilalui pejalan kaki, usaha toko kelontong  atau usaha minuman dingin cocok untuk dibangun di daerah tersebut. Sedangkan untuk lokasi yang banyak dilalui kendaraan bermotor, bisa mencoba usaha bengkel yang lebih dibutuhkan. Sesuaikan jenis usaha Anda dengan para konsumen yang lalu lalang di lokasi tersebut.
4. Banyaknya usaha yang mendukung lokasi tersebut
Semakin banyak usaha yang ada di sekitar lokasi, maka konsumen yang  datang ke lokasi tersebut juga semakin ramai. Karena di lokasi tersebut  terdapat berbagai macam usaha yang menyediakan produk yang berbeda pula,  sehingga para konsumen lebih tertarik datang ke lokasi yang terdapat  berbagai macam usaha. Misalnya saja lokasi pasar, atau mall yang selalu  ramai pengunjung.
5. Sesuaikan dana dengan lokasi usaha yang akan dipilih
Biasanya lokasi usaha yang ada di keramaian seperti mall, atau di  pinggir jalan yang strategis harga sewanya lebih mahal dibandingkan  lokasi usaha yang kurang strategis. Untuk itu sesuaikan dana yang Anda  miliki, dengan lokasi usaha yang di pilih. Jangan memilih lokasi yang  harga sewanya mahal, tetapi ternyata tidak ramai pengunjung.
6. Pilih lokasi usaha yang tingkat kompetisinya rendah
Jika di lokasi tersebut sudah banyak usaha yang sejenis dengan usaha  Anda, sebaiknya lokasi ini dihindari. Namun jika Anda yakin karena  posisinya yang sangat strategis, Anda harus siap bersaing dengan  menciptakan inovasi baru yang dapat membedakan usaha Anda dengan usaha  lain yang sejenis.
7. Perhatikan pula akses menuju lokasi usaha
Usahakan pilih lokasi yang mudah di akses oleh para konsumen. Jika  memungkinkan, pilih lokasi usaha yang dilalui transportasi umum. Agar  konsumen yang tidak memiliki kendaraan pribadi juga bisa menjangkau  lokasi usaha Anda.
8. Tingkat keamanan yang mendukung
Lokasi usaha yang aman juga menambah kenyamanan para konsumen. Mereka  tidak akan ragu meninggalkan kendaraan mereka di tempat parkir, dan  bisa meninkmati pelayanan usaha Anda dengan merasa nyaman. Dengan  lingkungan yang aman, Anda bisa mengurangi resiko pencurian maupun  perusakan yang bisa terjadi pada usaha yang ada di lokasi kurang aman.
9. Dan yang ke-9 adalah, perhatikan kebersihan lokasi usaha
Konsumen tidak akan mengunjungi sebuah toko, warung ataupun sebuah  outlet yang berada di lingkungan kotor atau kumuh. Mereka akan merasa  ragu untuk membeli produk Anda. Untuk itu jaga kebersihan lingkungan  sekitar Anda, agar konsumen merasa nyaman berkunjung ke lokasi usaha  Anda.
Tips 
Sebelum membuka usaha sebaiknya Anda harus mengetahui apakah bangunan  yang disewa atau yang Anda dirikan semua perijinannya sudah beres,  seperti ijin mengenai analisa dampak lingkungan (AMDAL), ijin mendirikan  bangunan (IMB), serta ijin gangguan (HO). Agar tidak terjadi kejadian  tidak terduga, yang akan merugikan usaha yang Anda jalankan. Banyaknya  peristiwa tempat usaha yang dihancurkan hanya karena tidak memiliki  ijin, dapat menjadi pelajaran penting bagi Anda yang sedang mencari  lokasi usaha.  Salam sukses.

0 Response to "Memilih Lokasi Usaha yang Strategis"
Post a Comment