Bahasa Pemrograman Visual Basic (pemrograman berbasis windows)

Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (real) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).

Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.

Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.

Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tidak membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.

Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005 menunjukkan bahwa 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java.

Pemrograman Berorientasi Objek (OOP)

Visual Basic merupakan bahasa yang mendukung Pemrograman berorientasi objek, namun tidak sepenuhnya, Beberapa karakteristik objek tidak dapat dilakukan pada Visual Basic, seperti Inheritance tidak dapat dilakukan pada class module, Polymorphism secara terbatas bisa dilakukan dengan mendeklarasikan class module yang memiliki Interface tertentu. Visual Basic (VB) tidak bersifat case sensitif.

Desain Visual dan Komponen

Visual Basic menjadi populer karena kemudahan desain form secara visual dan adanya kemampuan untuk menggunakan komponen-komponen ActiveX yang dibuat oleh pihak lain. Namun komponen ActiveX memiliki masalahnya tersendiri yang dikenal sebagai DLL hell,Pada Visual Basic .NET, Microsoft mencoba mengatasi masalah DLL hell dengan mengubah cara penggunaan komponen (menjadi independen terhadap registry)

Jenis Project yang terdapat pada Visual Basic 6.0

Jenis tipe/aplikasi Project yang terdapat pada Visual Basic 6.0

  • Standard EXE: Tipe aplikasi ini merupakan tipe aplikasi yang biasa dipakai untuk keperluan bisnis yang umum, tanpa harus berhubungan dengan aplikasi yang lain. Project standar dalam Visual Basic dengan komponen-komponen standar. Jenis project ini sangat sederhana, tetapi memiliki keunggulan bahwa semua komponennya dapat diakui oleh semua unit komputer dan semua user meskipun bukan administrator.
  • ActiveX EXE: Tipe aplikasi yang digunakan untuk aplikasi lain sebagai bagian dari suatu service. Service ini dapat berjalan didalam komputer yang sama ataupun pada komputer lain melalui “remote automation” atau DCOM. Biasanya service ini tidak menyediakan interface visual. Project ini adalah project ActiveX berisi komponen-komponen kemampuan untuk berinteraksi dengan semua aplikasi di sistem operasi windows.
  • ActiveX DLL: Tipe aplikasi ini biasanya dibuat untuk digunakan oleh aplikasi lain sebagai bagian dari suatu service. DLL terdapat pada komputer yang sama dengan aplikasi yang menjalankannya. Aplikasi ini tidak menyediakan Interface Visual. Tetapi ia dapat juga dijalankan pada komputer yang lain yang menjalankan Microsoft Transaction Server. Project ini menghasilkan sebuah aplikasi library yang selanjutnya dapat digunakan oleh semua aplikasi di sistem operasi windows.
  • ActiveX Control: Adalah komponen software yang bisa digunakan untuk perangkat-perangkat yang mendukung teknologi ActiveX. Control dari ActiveX ini, dapat ditulis dalam berbagai jenis bahasa pemrograman, termasuk C, C++, Visual Basic dan Java. Project ini menghasilkan komponen-komponen baru untuk aplikasi Visual Basic yang lain.
  • VB Application Wizard (Cekatan Aplikasi VB): Project ini memandu pengguna untuk membuat aplikasi secara mudah tanpa harus pusing-pusing dengan perintah-perintah pemrograman.
  • Addin: Project seperti Standard EXE tetapi dengan berbagai macam komponen tambahan yang memungkinkan kebebasan kreasi dari pengguna.
  • Data project: Project ini melengkapi komponennya dengan komponen-komponen database. Sehingga bisa dikatakan project ini memang disediakan untuk keperluan pembuatan aplikasi database.
  • DHTML Application: Project ini digunakan untuk membuat aplikasi internet pada sisi client (client side) dengan fungsi-fungsi DHTML.
  • IIS Application: Project ini menghasilkan aplikasi internet pada sisi server (server side) dengan komponen-komponen CGI (Common Gateway Interface).
  • VB Wizard Manager biasanya digunakan untuk membangun sebuah wizard yaitu kumpulan informasi dari pengguna yang akan digunakan untuk membangun sebuah aplikasi.
  • ActiveX Document Dll: Project jenis ini dapat membangun sebuah Document Active dengan ekstensi file berupa DLL.
  • ActiveX Document Exe: ActiveX Document Exe hanpir sama dengan ActiveX Document DLL, namun format file yang dihasilkan berupa ekstensi Exe.
  • VB Enterprise Edition Control: VB Enterprise Edition Control pada dasarnya sejenis dengan project Standard EXE, bedanya kalau VB Enterprise Edition Control semua tools VB Enterprise Edition akan di aktifkan.

ActiveX Component

Beberapa contoh ActiveX Control dan kegunaannya:

  • DateTimePicker Control. Untuk menampilkan tanggal pada aplikasi dengan tampilan kalender yang mudah dinavigasikan. yang diinput melalui Date TimePicker Control telah memenuhi format penulisan tanggal yang benar.
  • Pogress Bar Control. Dengan penunjuk progress, aplikasi dapat terhindar dari tampilan yang monoton, yang bisa jadi pengguna akan mengira aplikasi tersebut mengalami hank jika tidak memiliki progress bar.
  • DataGrid Control. dapat menampilkan database pada sebuah grid.
  • TreeView Control. Berguna untuk menampilkan data dalam bentuk hierarki. Terutama jika data kita memiliki banyak level dan jenjang, maka dengan menggunakan TreView Control, illustrasi data akan menjadi jelas dan user friendly.
  • MsChart Control. menambahkan grafik pada aplikasi dengan berbagai pilihan hanya perlu menyediakan data yang berupa angka pada aplikasi untuk membentuk sebuah grafik yang diinginkan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bahasa Pemrograman Visual Basic (pemrograman berbasis windows)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel