Tips Otimasi Seo Pada Blog Baru

Cara Optimasi Seo Pada Blog Baru

Pada artikel kali ini saya akan membagikan sedikit cara untuk mengoptimasi seo pada blog baru. Apabila sobat belum tau cara membuat blog silahkan baca artikel saya sebelumnya.

Blog baru adalah blog yang belum ada apa-apa di mata search engine. Dengan usia yang masih sangat muda, sebaiknya dalam melakukan optimasinya jangan terlalu berlebihan.

Apabila blog yang baru sobat buat di optimasi secara berlebihan, itu akan membuat blog sobat terpuruk dan tidak akan bagus di mesin pencari.

Yang saya maksud blog baru disini adalah blog yang masih berumur sebulan ke bawah. Jika blog sobat belum berumur sebulan, lakukan optimasi dasar saja.

Tutorial Optimasi Seo Blog Baru


Berikut ini adalah beberapa cara optimasi seoyang harus sobat lakukan setelah membuat blog baru. Silahkan simak dengan teliti.


1. Gunakan Template Seo Friendly

Optimasi seo blog yang pertama saya lakukan setelah membuat blog baru adalah mengganti template default blogspot dengan template yang seo friendly.

Sobat bisa menggunakan template premium atau template gratis yang banyak di bagikan. Sobat bisa mencari template di google.

Yang termasuk template seo adalah template yang loadingnya cepat, responsive dan sederhana. Itu adalah beberapa kriteria template yang seo.

2. Verifikasi Blog Ke Google Dan Bing Webmaster

Verifikasi blog ke google webmaster dan bing webmaster bertujuan untuk memberitahukan kepada mesin pencari tersebut bahwa blog sobat telah di buat.

Dengan melakukan verifikasi blog ke google dan bing akan membuat blog sobat cepat terindex oleh mereka. Namun jika sobat tidak verifikasi blog ke google dan bing, blog sobat akan di index juga namun lama.

Sedikit informasi kepada sobat yang masih pemula. Google dan bing adalah suatu mesin pencari tekemuka di dunia. Apabila blog sobat di index oleh mesin pencari ini maka pengunjung blog sobat akan meningkat.

3. Terbitkan Artikel Rutin Setiap Hari

Inilah yang saya maksud pada artikel sebelumnya. Sebelum membuat blog baru pilihlah topik yang sobat kuasai. Ini bertujuan agar sobat tidak kehabisan ide dalam menulis artikel.

Menerbitkan 1 sampai 2 artikel dalam sehari secara rutin saya rasa itu sudah cukup. Namun jika sobat mampu menerbitkan lebih dari 2 artikel dalam sehari itu lebih bagus lagi.

Harus selalu di ingat. Terbitkanlah artikel hasil karya sobat sendiri. Jangan pernah menerbitkan artikel hasil copy dari blog lain. Perbuatan ini bisa merugikan orang lain dan sobat sendiri.

4. Submit Artikel Ke Mesin Pencari

Setelah sobat menerbitkan artikel baru, silahkan submit artikel tersebut ke google dan bing. Ini bertujuan supaya artikel yang baru sobat terbitkan cepat terindex.

Sobat pemula jangan bingung dulu ya. Verifikasi blog ke google dan bing seperti yang saya bahas pada poin ke 2 diatas berbeda dengan submit artikel.

Untuk verifikasi blog cukup dilakukan sekali saja saat blog pertama di buat. Sedangkan submit artikel lakukan setiap kali menerbitkan artikel baru. Tapi harus tetap batasi cukup 2 sampai 3 kali submit dalam sehari.

5. Cari Backlink Berkualitas

Setelah blog sobat berumur 1 minggu, mulailah cari backlink berkualitas. Cukup cari 1 sampai 3 backlink dalam sehari karena blog sobat masih baru. Setelah blog sobat berumur sebulan baru cari 5 sampai 10 backlink dalam sehari dan begitu seterusnya.

Ada banyak macam cara mencari backlink. Sobat bisa berkomentar di blog-blog orang lain atau lebih dikenal dengan blogwalking. Berkomentarlah dengan baik di blog orang. Jangan asal menaruh link terus pergi begitu saja.

Backlink berkualitas adalah backlinkyang berasal dari situs yang berkualitas juga. Sobat bisa menanam backlink pada situs-situs yang memiliki PA dan DA tinggi. Silahkan sobat cari di google.

6. Promosikan Blog Ke Sosial Media

Apabila blog sobat sudah berumur lebih dari sebulan, sekarang saatnya sobat mulai promosikan blog ke sosial media seperti facebook, twitter, google plus, dan forum-forum yang sesuai dengan topik blog sobat.

Saat melakukan promosi blog jangan terlalu berlebihan. Jika sobat melakukan promosi yang sangat berlebihan, blog sobat bukannya dapat peringkat di google tapi malah drop.

Cukup lakukan promosi sewajarnya saja. Misalnya lakukan promosi setiap 3 hari sekali atau seminggu sekali saja. Jika sobat melakukan promosi setiap hari dengan menyebar puluhan bahkan ratusan link, itu akan di anggap SPAM sama mbah google.

Kesimpulan


Dari 5 poin diatas saya dapat mengambil kesimpulan bahwa seo itu tidak sulit kok. Hanya saja kita tidak mau mencoba. Terlalu cepat menyerah sebelum melakukan apa-apa.

Dan sekarang saya banyak melihat para blogger yang baru mengenal blog terlalu buta sama yang namanya dollar. Bayangkan saja blog baru berumur sebulan tapi iklan sudah segudang.

Iklan yang di pasang pun sangat beragam. Mulai dari iklan pop up, mobile redirect dan masih banyak iklan lain yang menurut saya pribadi sangat mengganggu.

Sebaiknya perbanyak dulu konten atau artikel blog sobat. Sesudah artikel blog sobat banyak dan visitor mulai berdatangan, nah saat itulah waktunya sobat pasang iklan.

Menurut saya sobat harus hati-hati dalam memilih iklan untuk monetisasi blog.Sebaiknya jangan pasang iklan yang menggangu seperti iklan pop up.

Kalau blog sobat sudah ada pengunjung lebih baik daftarkan ke adsense saja. Kalau pasang adsense sudah pasti pengunjung blog sobat tidak merasa terganggu dengan iklan yang sobat pasang.

Nah itulah cara optimasi seo yang bisa sobat terapkan pada blog baru. Dengan melakukan optimasi di atas, saya yakin dalam 2 sampai 3 bulan blog sobat sudah mulai datang pengunjung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Otimasi Seo Pada Blog Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel