Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi


1 ) Kelebihan dan kekurangan Windows XP


Walaupun perusahaan Microsoft terus memberikan update terbaru sistem operasi Windows, akan tetapi Windows XP tetap memiliki pecintanya dan menjadi sistem operasi primadona tersendiri bagian sebagian orang, pada setiap sistem operasi memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan, termasuk Windows XP.
Sistem Operasi Windows XP
Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows XP
Kelebihan dan Kekurangan Windows XP

Untuk itu tampaknya dalam menggunakan sistem operasi kita perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya, langsung saja berikut di bawah ini kelebihan Windows XP dan kekurangannya.

Kelebihan / keunggulan Windows XP :
  1. Memiliki kemampuan yang stabil dan juga lumayan cepat dalam ketika booting.
  2. Pengguna  resource relative lebih hemat.
  3. Banyak program yang mendukung Windows XP, dan dapat berjalan optimal
  4. Penggunaannya didesain dengan sangat user friendly, sehingga penggunaannya mudah dipahami.
  5. User dapat merasa nyaman dan tidak merasa kebingungan dalam menggunakan windows XP.
  6. Mendeteksi perangkat hardware tambahan yang terhubung, karena adanya fasilitas Plug and Play yang mampu berjalan secara otomatis.
  7. Mendapat cukup banyak support driver-driver-nya yang kompatibel.
  8. Peforma dalam menjalankan banyak aplikasi Windows XP yang tetap stabil dan cepat.
  9. File sistem bawaan dari OS Windows XP cukup irit penggunaan resource, sehingga relatif cukup dalam melakukan decode file-file yang diolah secara bersamaan.
  10. Grafic User Interface (GUI) yang didesain sangat baik sehingga mudah dimengerti.
  11. Mendapatkan support driver yang lebih banyak.
  12. Banyak freeware yang tersedia untuk digunakan bagi pengguna Windows XP.
Kelemahan/ kekurangan Windows XP
  1. Sistem keamanannya yang tidak diperbarui dengan baik, sehingga rentan mendapatkan serangan dari virus dan Hacker yang menyerang.
  2. Saat melakukan browsing, kemampuan proteksi security Windows XP juga lemah. Untuk mengatasi hal ini maka pengguna perlu menambah / menginstal security dan utility tambahan.
  3. Sistem security centre pada windows XP tidak mampu secara otomatis mendeteksi input-output yang tidak dikenal (unknown). Hal ini menyebabkan resiko kehilangan data sangat besar.
  4. Untuk akses Remote Administration juga cukup  rawan dari serangan penyusup, karena kemampuan Network Security yang lambat dalam membaca program yang masuk, terutama yang berbahaya.
  5. Tidak disediakan fitur Aero yaitu sebuah program tambahan tampilan visual, sehingga XP tidak memiliki tampilan 3D.
  6. Cukup banyak ditemui sistem crash.
  7. Tidak mampu menampilkan preview semua file system yang dibawanya.
  8. Kerja Firewall yang lambat dalam menginformasikan lewat security centre.
  9. Windows XP lemah dalam mendeteksi suatu type jaringan.
  10. Ketika kehilangan pada suatu file sistem. Seringkali harus berakhir dengan instal ulang Windows XP.

2 ) Kelebihan dan kekurangan Windows 7

Diantara kita tentunya sudah ada yang menggunakan sistem operasi yang terbaru keluarkan perusahaan Microsoft, seperti salah satunya Windows 7 yang baru diluncurkan dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya perusahaan Microsoft dinilai gagal dalam peluncuran Windows Vista, dan tampaknya kegagalan ini dijadikan bahan pelajaran serta agar dapat lebih sukses dari sistem operasi yang saat ini juga masih menjadi primadona yaitu Windows XP.

Sistem Operasi Windows 7
Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows7

Perusahaan Microsoft menyatakan bahwa sistem operasi Windows dirancang agar user friendly, sesuai selera pengguna, simpel / tidak rumit, cepat dan nyaman. Berikut ini kelebihan Windows 7, yang juga dinyatakan oleh pihak Microsoft.

- Personalisasi Komputer dengan mudah

Kamu tidak akan merasakan kesulitan berarti ketika ingin mengatur komputer lebih personal. Kamu hanya perlu klik kanan di desktop, lalu klik personalize untuk memilih tema yang berbagai macam tersedia, Kamu dapat putar belakang desktop dalam bentuk slide show yang diinginkan. Dan klik Gadgets untuk menambahkan informasi tertentu pada desktop milikmu.

- Melihat desktop secara preview

Nah, untuk melihat tampilan desktop biasanya pengguna akan menutup jendela aplikasi dengan satu per satu, hingga akhirnya dapat melihat desktop. Windows 7 mempunyai teknologi canggih Aero Peek yang berguna gar Kamu dapat mengintip desktop tanpa perlu menyentuh jendela aplikasi (menutupnya). Kamu hanya perlu menaruh kursor di atas icon yang berbentuk kotak bujur sangkar di bagian kanan bawah. Klik pada bagian atas yang nantinya dapat memperkecil tampilan seluruh jendela yang terbuka. Dan saat layar desktop terbuka maka klik kembali untuk menampilkannya lagi.

- Dapat menemukan File atau data secara cepat

Mencari dan menemukan file cukup mudah dilakukan dan waktunya juga cepat. Kamu hanya perlu mengklik menu Start, kemudian pada kotak pencarian ketik file atau data yang ingin Kamu cari. Dan setelah itu akan muncul daftar file yang Kamu cari, prosesnya sangat cepat.

- Dapat melihat seluruh Jendela program secara mudah


Nah, tentu saat menggunakan komputer, kamu akan pernah membuka banyak jendela aplikasi, sehingga hal itu menyebabkan kita bingung nama ataupun isinya. Nah, pada Windows 7 nantinya Kamu dapat dengan mudah melakukannya hanya dengan mengintip dari taskbar. Untuk melakukannya maka Kamu dapat melayang-layangkan kursor di atas ikon pada suatu jendela program. Kemudian akan muncul nama ikon dan program itu. Lalu laying-layangkan lagi di atas preview yang nantinya Kamu dapat melihat pada keseluruhan layar. Kamu dapat Klik untuk menghubungkannya pada jendela yang dilihat.

- Kemudahan penggunaan dan mencari yang diinginkan dengan cepat

Pada windows 7 terdapat fitur Jump List yang berguna ketika Kamu ingin mencari file, entah itu jenisnya file gambar, audio, video, dokumen dan yang lainnya. Kamu dapat mencarinya secara mudah dan cepat pada desktop, sehingga ini akan menghemat waktu Kamu untuk membuka file yang kemarin Kamu operasikan. Fasilitas seperti ini terdapat pada menu Start dan taskbar. Pengguna hanya perlu melakukan sekali klik saja, maka Kamu sudah dapat mengakses aplikasi atau file tang diinginkan. Selain itu pengguna juga dapat menarik ataupun membuang sebuah file dari daftar Jump List.

Kamu dapat mengakses taskbar dengan satu klik saja. Caranya dengan melayangkan kursor yang ada di atas program favorit, lalu tarik ke taskbar. Klik kanan diatasnya kemudian pilih “pin” di Taskbar. Dengan begitu program masuk pin yang telah Kamu atur. Adapun cara membukanya dengan melakukan klik di ikon Taskbar lalu baru program.

- Menggunakan Internet secara aman, cepat dan mudah

Internet Explorer 8 memiliki keunggulan dengan lebih aman, cepat, dan mudah. Kamu dapat melacak jejak informasi secara lebih khusus. Hasil pencarian dilengkapi teknologi SmartScreen, yang merupakan teknologi canggih untuk melindungi dirimu dari bahaya spam, virus dan lainnya. Kemudian kemampuan untuk menjaga privasi di dunia maya tersebut sangat baik.

Kekurangan Sistem Operasi Windows 7 
  • Masih cukup banyak juga aplikasi yang belum men-support pada sistem operasi  Windows 7.
  • Masih terdapat bug pada program Windows Player 12.
  • Terdapat hardware yang dapat langsung dikenali di OS sebelumnya, akan tetapi tidak dikenali di Windows 7.
  • Software yang dapat digunakan di Vista, tetapi tidak dapat digunakan pada Windows 7.
  • Terlalu banyak perbedaan antara versi starter dan ultimate.
 3 ) Kelebihan dan kekurangan Windows 8

Sistem Operasi Windows 8
Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows8
Sistem Operasi terbaru dari Microsoft yaitu Windows 8 resmi diliris Microsoft Pada tanggal 26 Oktober 2012. Rilisnya Windows 8,disambut dengan hangat oleh pengembang aplikasi (developer.) karena meyakini membawa dampak baik dalam hal pengembangan maupun bisnis. Sistem Operasi Microsoft ini diluncurkan dalam 3 versi yaitu Windows 8, Windows 8 Pro dan Windows 8 RT.

Suatu sistem operasi tentunya mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Maka dari itulah kali ini saya akan berbagi tentang Kelebihan dan Kekurangan Windows 8. Sebelumnya saya ingin bertanya apakah anda sudah tahu Kelebihan dan Kekurangan Windows 8? Jika belum tahu silahkan baca artikel ini sampai Akhir.

Saat ini Microsoft telah membuka took aplikasi online di Windows 8 yang disebut dengan Windows Store. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah para pengguna untuk mengunduh aplikasi di Windows Store selain itu juga memudahkan para developer untuk mengontrol aplikasi mereka. Dengan Windows 8 pengguna desktop, tablet maupun smartphone akan merasakan hal yang sama. Maksudnya yaitu ketika menggunakan komputer meja maka seolah-olah mengguakan sebuah smartphone atau tablet.

Berikut ini adalah Kelebihan dan Kekurangan Windows 8:


KELEBIHAN/ KEUNGGULAN WINDOWS 8
- Tampilan Windows 8 Lebih Dinamis.
Windows 8 Lebih Dinamis
Tampilan Windows 8 Lebih Dinamis

Seperti tablet dan smartphone, komputer yang menggunakan sistem operasi windows 8 juga dilengkapi dengan fitur notifikasi dan juga informasi saat ini, mengenai akun di Internet. Contohnya kotak masuk email.  Selain itu pengguna windows 8 secara otomatis akan terhubung dengan situs penyedia data miliknya Windows, Skydrive.

Windows 8 mempunyai tampilan yang segar untuk dipandang.

Windows 8 mempunyai desain menu yang tersusun rapi dengan desain metro. Untuk mengakses jejaring sosial dapat langsung dilakukan di awal layar.
  • Proses Booting yang cepat. Booting di windows 8 lebih cepat dari windows sebelumnya. Untuk booting windows 8 hanya memerlukan waktu 8 detik. Di windows 8 tidak terdapat lagi flahing layar BIOS.
  • Windows 8 Lebih Aman. Pada saat booting di windows 8 dilengkapi dengan secure boot. Secure boot itu bekerja dengan BIOS berbasis UEFI. Ketika booting Secure boot itu berfungsi untuk melindungi PC dari malware.
  • Sistem Pencarian Data Windows 8 Lebih Universal. Jika anda mencari data di windows 8, data lebih mudah ditemukan. Untuk mencarinya hanya tinggal mengetik nama data ditampilkan diawal maka langsung muncul pilihan-pilihan data terkit.
  • Ketersediaan dan Kemudahan Aplikasi Pendukung. Untuk mendapatkan aplikasi pendukung di windows 8 ada banyak pilihan dan kemudahan yang disediakan.
  • Windows 8 Cocok untuk Semua Software. Semua software yang dapat dijalankan di windows 7 , juga dapat di jalankan di windows 8 sehingga pengguna tidak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, RAM 1 GB dan Processor Intel Atom sudah cukup untuk menjalankan Windows 8.
  • Windows 8 lebih dioptimalisasi untuk layar sentuh. Pada windows sebelumnya yaitu windows 7 memang sudah support untuk layar sentuh, namun desain dan kemudahan pengoperasian tidak dioptimalkan. Lain halnya dengan windows 8, yang desainnya sudah dioptimalkan untuk layar sentuh jika kita menggunakan di komputer PC kita akan merasa seperti menggunakan Windows Phone.
  • Spesifikasi hardware yang rendah  dan dapat dijalankan di tablet. Sistem Operasi Windows 8 mendukung perangkat yang menggunakan infrastruktur chip ARM. Saat ini tablet yang beredar kebanyakan memakai chip ARM, sehingga dapat memprluas jangkauan windows 8 di area tablet.
  • Tersedianya Windows Store. Windows Store adalah toko aplikasi windows 8. Di windows store tersedia berbagai macam aplikasi yang telah dioptimalkan untuk Windows 8.
  • Mendukung Near Field Communications (NFC ). NFC adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk transaksi keuangan digital. Fitur ini kemungkinan besar juga disertakan pada tablet yang memakai Windows 8
  • Browser Internet Explorer 10. Di windows 8, tersedia browser Internet Explorer 10 yang lebih baik dan membawa perubahan besar dari versi Internet Explorer yang dulu. Browser Internet Explorer 10 ini sangat ramah digunakan baik digunakan di PC maupun di Tablet.
KEKURANGAN/ KELEMAHAN WINDOWS 8

  • Tidak terdapat Tombol Start dan Close X. Ditampilan muka windows 8 tidak ditemukan tombol start dan Close X. Inilah yang membingungkan para pengguna untuk mengawali pekerjaan dan menutup kekerjaan. Walaupun ada sistem pencarian data, namun keberadaan tombol start merupakan hal yang perlu dan penting agar pengguna lebih mudah untuk mengoperasikan suatu sistem operasi.
  • Jika ingin menutup sebuah aplikasi di windows 8, anda harus mengarahkan panah mouse ke atas aplikasi. Jika sudah muncul tombol tangan, anda  harus mendrag dan program baru akan tertutup.
  • Terdapat Banyak Aplikasi Atau File yang Tersembunyi. Mungkin hal inilah yang membuat para pengguna windows 8 bingung, sebab ketika beroperasi hanya terdapat dua data/ aplikasi yang dapat terbuka secara bersamaan. Untuk data yang lainnya tersembunyi. Dan untuk membukanya anda harus menggunakan fitur pencarian universal .
Itulah beberapa Kelebihan dan Kekurangan Windows XP, Windows 7,Windows 8 yang dapat saya sampaikan, mungkin masih ada kelebihan dan kekurangan windows 8 yang lain yang belum saya sebutkan diatas. Mudah-mudahan artikel diatas bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel