Teknlogi Virtual Reality


Tekhnology Virtual Reality
Apa VR itu? Virtual Reality(VR) merupakan sebuah inovasi teknologi terbaru yang dikembangkan untuk memungkinkan seseorang melakukan suatu interaksi terhadap suatu objek grafis dengan visualisasi 3D atau gambar berhologram. Teknologi ini mampu memberikan sebuah pengalaman baru bagi penggunanya, karena pengguna seolah-olah bisa menyentuh objek tersebut secara langsung. Jadi sederhananya, Virtual Reality adalah tampilan gambar tiga dimensi yang terlihat seperti nyata yang diciptakan dengan bantuan perangkat komputer ataupun juga beberapa perangkat tertentu.

Lalu bagaimana dengan sejarah dari VR ? Pada waktu itu Morton Heilig menulis tentang “Teater Pengalaman” pada tahun 1950-an, yang dimana pengguna dapat berinteraksi dengan semua indera dengan suatu cara efektif, sehingga menarik penonton ke dalam kegiatan layar. Beliau membangun Prototipe VR dengan nama Sensorama pada tahun 1962, dan mempertunjukan lima film pendek untuk mempertunjukan bagaimana Sensorama bekerja.

teknologi virtual reality sensorama
Untuk mendukung teknologi virtual reality terdapat perangkat canggih berupa helm, headset, walker, dan juga sarung tangan. Fungsi dari helm adalah membuat tampilan gambar yang dilihat si pengguna nampak lebih dekat dan nyata. Sementara untuk headset dapat memberikan efek suara pada pengguna dengan jelas, sehingga membuat pengguna nampak seperti di dalam suasana nyata.

Walker dan sarung tangan berfungsi untuk menangkap gerakan pada kaki dan tangan, dan memberikan suasana nyata pada kedua anggota tubuh tersebut ketika di dalam lingkungan yang diciptakan oleh teknologi virtual reality. Sebagai contoh pengguna akan merasakan sedang berada di medan perang sesungguhnya seperti membawa senjata serta merasakan langkah kaki yang terasa berat ketika berjalan di atas tanah berumpur. Adapun sistem kerja dari virtual reality sebagai berikut :
  • Virtual word merupakan sebuah konten yang mampu menciptakan dunia secara virtual dalam bentuk screenplay.
  • Immersion merupakan sensasi yang membuat pengguna teknologi ini akan merasakan berada di sebuah lingkungan nyata, padahal mereka berada dalam dunia virtual saja dan hanya fiktif dalam arti tidak terjadi secara nyata. Immersion meliputi mental pengguna dan fisik pengguna yang semuanya akan larut dan merasakan di dalam lingkungan yang dihasilkan oleh virtual reality.
  • Sensory feedback bergungsi dalam menyampaikan informasi dari virtual world menuju indera pengguna. Untuk elemen ini mencakup penglihatan, pendengaram serta sentuhan.
  • Interactivity berguna untuk merespon aksi pengguna, sehingga mereka dapat berinteraksi secara langsung di dalam dunia virtual.
Kegunaan Teknologi Virtual Reality

Saat ini, teknologi Virtual Reality sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang. Seperti bidang kedokteran, penerbangan, militer, bahkan juga digunakan sebagai perangkat pendukung untuk bermain game. Pada bidang kedokteran, Virtual Reality biasanya digunakan untuk mendeskripsikan bagian anatomi tubuh sehingga organ-organ dalam tubuh tampak terlihat lebih nyata.

Sedangkan pada bidang penerbangan, Virtual Reality digunakan sebagai simulasi penerbangan bagi para pilot. Simulasi penerbangan disini meliputi cara menerbangkan pesawat di berbagai kondisi cuaca, cara berkomunikasi antar pesawat satu dengan yang lain atau dengan bandara serta cara mengatasi keadaan yang darurat jika terjadi masalah saat terbang. Hal ini bertujuan agar pilot dapat lebih terbiasa dan mengenal berbagai medan serta akan lebih mendapatkan pengalaman yang cukup jika suatu saat pilot menerbangkan pesawat terbang yang sebenarnya.

Pada bidang militer, Virtual Reality digunakan sebagai simulasi perang. Para tentara akan merasakan situasi di medan pertempuran yang terlihat secara nyata. Cara ini dipilih karena cukup efektif dalam mengadakan latihan perang dan lebih hemat biaya dibandingkan dengan latihan perang yang sebenarnya.

Kekurangan dari Virtual Reality 

Orang mungkin mengalami perasaan kehilangan realitas dan perasaan isolasi saat mereka berinteraksi dengan dunia buatan, bukannya dunia nyata dengan orang sungguhan. Akhirnya, virtual reality dapat meningkatkan pengangguran, lebih sedikit orang yang diperlukan untuk merancang proyek-proyek.

Kelebihan dari Virtual Reality 

Banyak sekali keuntungan menggunakan virtual reality pekerjaan yang dari susah dapat di jadikan mudah dengan menggunakan berbagai macam aspek dari komputer misalnya seperti merancang sesuatu bangunan seperti gedung , hotel dan rancangan denah rumah. Melakukan beberapa latihan yang rumit seperti latihan menerbangkan pesawat bisa kita lakukan dengan stimulator. Dan game” virtual reality bisa dijadikan pelarian bagi beberapa orang yang sudah penat dengan masalah di dunia realitas , misal seperti Second Life, the sims , dan fable

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teknlogi Virtual Reality"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel